Selasa, 27 Februari 2024

Mengenang Chadwick Boseman, sang Black Panther Sejati

Zulkifli Fahmi
Rabu, 29 November 2023 13:39:00
Mendiang Chadwick Boseman pemeran Black Panther. (Istimewa/Movieweb)

Murianews, Kudus – Pecinta Marvel Cinematic pasti tak asing dengan karakter Black Panther. Pahlawan dari negeri fiktif bernama Wakanda ini terkenal dengan semangatnya “Wakanda Forever”.

Dalam film, karakter Black Panther dimainkan dengan apik oleh Chadwick Boseman. Bahkan aktor Amerika Serikat kelahiran 29 November 1976 ini disebut-sebut sebagai Black Panther sejati.

Perannya sebagai pahlawan dan pemimpin negeri Wakanda, T’Challa atau Black Panther begitu menjiwai. Para kritikus film pun sampai menyebut perannya tak tergantikan.

Sayang, Boseman meninggal dunia pada 28 Agustus 2020 akibat penyakit kanker usus besar yang ia dapatkan sejak 4 tahun sebelum kematiannya.

Padahal saat itu, ia belum menyelesaikan film Black Panther: Wakanda Forever yang dirilis di Indonesia pada 9 November 2022.

Film itu pun akhirnya menjadi sebuah penghormatan terakhir untuk sang Black Panther sejati. Sedangkan sosok Black Panther pun diteruskan adik T’Challa, Shuri yang diperankan Letitia Wright.

Melansir dari Wikipedia, sebelum dikenang sebagai sosok Black Panther, Chadwick Boseman memulai karirnya sebagai pemain drama panggung atau teater. Ia juga menulis naskah dan menyutradarainya. Itu ia mulai pada tahun 2000 lalu.

Boseman juga bekerja sebagai instruktur drama di Schomburg Junior Scholars Program, bertempat di Schomburg Center for Research in Black Culture di Harlem dalam kurun waktu sekitar tahun 2002 dan 2009.

Namanya pun semakin lama terdengar oleh produser film. Ia kemudian mendapatkan tawaran untuk berakting di depan kamera. Ada sejumlah film yang telah dimainkan. Di antaranya, The Express pada 2008, 42 (2013), Gods of Egypt (2016), dan 21 Bridges (2019).

Dari beberapa film yang dibintanginya, Black Panther menjadi satu-satunya yang membuat namanya dikenang. Boseman begitu menjiwai sosok T’Challa yang kemudian menjadi Black Panther dan meneruskan tahta ayahnya memimpin Wakanda.

Sebelum dibuat film solonya, Black Panther lebih dulu tampil di Avenger: Civil War. Debutnya di Avenger: Civil War itu kemudian membuat Marvel memutuskan membuat film solo Black Panther.

Setelah berhasil di Black Panther pertama, Marvel pun membuat film keduanya, Black Panther: Wakanda Forever. Sayang, Boseman meninggal dunia saat proses awal pembuatan filmnya.

Boseman meninggal dunia pada 28 Agustus 2020 akibat penyakit kanker usus besar yang ia dapatkan sejak 4 tahun sebelum kematiannya.

Komentar