Selasa, 27 Februari 2024

Pentas Sedulur Papat Teater Tiga Koma UMK Sukses Bius Penonton

Yuda Auliya Rahman
Sabtu, 4 November 2023 10:21:00
Pentas Teater Tiga Koma mengangkat naskah ”sedulur papat” di Auditorium UMK, Jumat (3/11/2023) malam. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Kudus – Pentas Teater Tiga Koma Universitas Muria Kudus (UMK) yang mengangkat naskah “Sedulur Papat” sukses digelar, Jumat (3/11/2023) malam.

Pentas Produksi ke-18 yang membawakan naskah karya Sosiawan Leak  ini mampu membius penonton yang memadati Auditorium UMK.

Proses teater kreatif yang disutraddarai oleh Lutfi Hibatul ini membawakan cerita tentang nafsu manusia dan tentang kelahiran. Di mana sedulur papat sendiri merupakan kontruksi teman manusia yang ada sejak dalam rahim yakni kakang kawah, getih, adhi ari-ari, dan puser.

Lutfi menjelaskan, pentas produksi ke-18 ini sudah dipersiapkan dengan matang. Bahkan, persiapan yang dilakukan membutuhkan waktu empat bulan lamanya untuk mengkolaborasikan 20 tokoh yang memiliki peran berbeda-beda.

”Tantangannya ada pada pemainnya sendiri, yang harus mensinergikan agar penampikan semakin maksimal dengan masing-masing peran yang mereka jalankan,” katanya.

Ia menjelaskan, pada sesi awal dalam pentas ini pihaknya mencoba menghadirkan kegentingan yang terjadi. Di mana persoalan tersebut bisa dikondisikan oleh seseorang itu sendiri.

”Persoalan yang terjadi bisa diselesaikan sendiri jika mau mengaca diri. Hingga akhirnya munculah sosok yang menemani sejak dalam rahim ada getih, puser, kakag kawah, dan adhi ari-ari,” ungkapnya.

Editor: Ali Muntoha

Komentar